menambah berat badan secara alami
|

9 Tips Menambah Berat Badan secara Alami

Memiliki berat badan ideal adalah cita-cita banyak orang, namun tak semua orang tahu caranya. Ada orang yang ingin mengurangi berat badannya, namun beberapa orang justru ingin tahu cara menambah berat badan. Menaikkan dan menurunkan berat badan ini disebabkan oleh berbagai macam alasan, dan tentunya berhasil memiliki berat badan ideal menambahkan rasa percaya diri.

Hal ini karena tubuhnya yang terlalu kurus dan kurang berisi baik pada kaum laki-laki ataupun wanita.

Seseorang disebut kurus jika nilai IMT atau Indeks Massa Tubuh nya dibawah standar. Cara menghitung IMT ialah dengan rumus sebagai berikut.

IMT = Berat Badan (kg) : (Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m))

Seseorang yang dikategorikan sebagai kurus atau kekurangan berat badan itu ialah jika nilai IMT nya dibawah angka 18,5. Berikut ini adalah tips menambah berat badan secara alami.

1. Makan Lebih Sering

sering makan
sering makan

 

Orang yang kurus biasanya kurang selera makan dan cenderung mudah kenyang, sehingga guna mengatasinya maka perlu untuk makan dalam frekuensi yang lebih sering, bisa lima hingga enam kali atau lebih makan tiap harinya. Tak perlu menghindari cemilan juga, namun sebaiknya tidak saat dekat waktu makan sehingga tidak membuat kenyang sebelum makan. Guna meningkatkan selera makan maka bisa juga pilih cat warna kuning pada ruang makan maka itu akan cenderung meningkatkan selera makan.

2. Makan Secukupnya Sebelum Tidur

makan sebelum tidur
makan sebelum tidur

Jika pada orang yang kelebihan berat badan itu dilarang tidur sesudah makan, maka bagi yang bertubuh terlalu kurus justru sebaliknya, yakni makanlah terlebih dahulu sebelum tidur. Pada saat tidur tubuh tidak terlalu aktif sehingga tidak membakar kalori yang masuk.

Namun perlu diingat, porsi makan harus diatur secukupnya. Jangan makan berlebihan sebelum tidur karena dapat membahayakan Anda.

3. Jangan Minum Sebelum Makan

jangan minum sebelum makan
jangan minum sebelum makan

Minum sebelum makan akan menimbulkan rasa kenyang. Oleh karenanya hindari mengawali makan dengan minum terlebih dahulu. Bisa minum di sela-sela makan atau lebih baik minumnya setelah makan. Hindari hal-hal yang bisa mengurangi nafsu makan.

4. Konsumsi Banyak Kalori, Protein, Karbohidrat dan Kacang-kacangan

makanan bergizi
makanan bergizi

Bubur kacang hijau atau bapia isi kacang hijau itu sangat menunjang kenaikan berat badan dan bisa menambah nafsu makan. Sering-sering juga konsumsi susu dan turunannya, seperti keju, smooties, ice cream dan lain sebagainya.  Konsumsi kurma dan madu, rasanya yang manis bisa merangsang timbulnya nafsu makan. Bebas konsumsi karbohidrat  bisa nasi, kentang, mie, roti, dan lain sebagainya. Lemak juga perlu. Intinya konsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi tinggi secara lengkap, agar kondisi tubuh tetap bugar dan mampu meningkatkan berat badan.

5. Cukup Minum

minum yang cukup
minum yang cukup

Kekurangan cairan pada tubuh (sering disebut dehidrasi) bisa mengganggu keseimbangan tubuh, sehingga baik pada orang yang gemuk maupun kurus harus cukup minum. Kebutuhan air minum setiap harinya ialah minimal sekitar 8 gelas, bisa dibagi menjadi satu gelas tiap habis bangun tidur, lalu satu gelas saat sarapan pagi, dan tiga gelas lagi pada sekitar saat makan siang, dan dua gelas pada saat makan malam, lalu satu gelas lagi pada saat hendak tidur. Selain air putih perbanyak konsumsi susu dan jus buah serta smooties.

6. Jangan Lewatkan Sarapan

sarapan itu penting
sarapan itu penting

Sarapan itu penting guna mengawali hari, jadi sebaiknya jangan sampai lupa untuk sarapan setiap paginya meski sedang terburu-buru sekalipun. Bisa membawa buah seperti pisang atau alpukat atau mangga sebagai pendamping selain makan roti atau nasi atau mie dan berbagai lauknya saat sarapan. Lauknya bisa bebas apa saja  bisa telur atau daging atau ayam atau ikan.

7. Hindari Begadang dan Perlu Cukup Tidur

tidur yang cukup
tidur yang cukup

Gaya hidup tidur larut malam, merokok dan konsumsi kopi serta kurang tidur juga dengan mudah menggerogoti badan, selain membuat makin kurus juga tidak sehat. Stres juga bisa menjadi penyebab berat badan kurang ideal, baik itu menjadi terlalu gemuk karena stres dilampiaskan pada makan dengan secara berlebihan maupun badan menjadi kurus karena menjadi kurang nafsu makan.

8. Puasa

berpuasa
berpuasa

Mungkin banyak yang heran, namun dengan berpuasa maka tubuh bisa melakukan proses koreksi sehingga tubuh menjadi ke arah berat idealnya. Pada saat berpuasa maka berbagai alat pencernaan akan beristirahat dan tubuh lalu bisa melakukan kalkulasi dengan tepat mengenai kebutuhannya. Pada saat berbuka isi perut dengan makanan yang bernutrisi dan bergizi tinggi secara lengkap. Bisa diawali dengan sup atau salad guna lebih menimbulkan selera makan. Tapi jangan minum di awal sebelum makan.

9. Konsultasi dengan Dokter

konsultasi dengan dokter
konsultasi dengan dokter

Lalu lakukan juga pemeriksaan kesehatan ke dokter agar diketahui secara tepat mengenai penyebab hingga tubuh menjadi kurus dan solusinya. Konsumsi lebih dari kebutuhan kalori setiap harinya agar bisa bertambah berat badannya.

Perhatikan beberapa hal tersebut di atas jika ingin meningkatkan berat badan.

Similar Posts