menjaga kesehatan mental
|

Pentingnya Kesehatan Mental dan Cara Menjaganya

Sadarkah kamu apa pentingnya kesehatan mental? Kesehatan mental ternyata meliputi banyak faktor, seperti kondisi psikologis, emosional, hingga sosial seseorang. Artinya, kesehatan mental memengaruhi perasaan, pikiran, dan perilakumu setiap hari. Selain itu, kesehatan mental juga menunjang proses pembuatan keputusan, caramu mengatasi stres, dan hubunganmu dengan orang lain di kehidupan sehari-hari.

Dengan begitu, bisa kamu simpulkan kalau kesehatan mental adalah aspek penting karena berdampak pada pikiran, perilaku, dan emosimu, kan? Jika kamu sehat secara emosional, kamu akan cenderung lebih produktif dan efektif saat beraktivitas, seperti bekerja, belajar, atau mengurus rumah. Selain itu, pentingnya kesehatan mental juga memengaruhi kesehatan hubunganmu dengan orang-orang di sekitar, yang juga berkaitan dengan kemampuannya beradaptasi dengan perubahan maupun menyelesaikan masalah dalam kehidupan.

Untungnya, ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mentalmu. Misalnya berolahraga, menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang, curhat dengan orang-orang yang kamu percaya, beristirahat pada waktunya, bersyukur, dan tidur dengan cukup.

Lalu, bagaimana kalau kamu merasakan bahwa aspek kesehatan mentalmu sedang kurang baik? Misalnya kamu merasa murung selama berhari-hari, atau jadi sering ngegas ketika diajak ngobrol oleh orang lain, termasuk keluarga, teman, atau pasangan? Untuk mengatasinya, kamu bisa coba beberapa cara berikut untuk mendapatkan bantuan yang dibutuhkan oleh kondisi mental dan emosimu:

  • Curhat dengan orang lain yang kamu anggap dekat dan percaya, seperti sahabat dan keluarga. Soalnya, dengan curhat, kamu bisa melepaskan beban di pikiran atau hatimu, dan mendapatkan dukungan emosional dari orang tersayang.
  • Belajar lebih banyak tentang kesehatan mental. Tentunya, pastikan sumbernya terpercaya dan valid, ya! Dengan begitu, kamu bisa pahami lebih jauh pentingnya kesehatan mental dan makin menyadari pentingnya kondisi mental dan emosionalmu.
  • Mintalah bantuan profesional, terutama kalau kamu merasa kondisi emosionalmu mulai memengaruhi aktivitasmu, perilaku, pikiran, atau hubunganmu dengan orang lain. Tenaga profesional yang bisa membantumu misalnya psikologis dan psikiatris.
  • Cobalah melakukan meditasi untuk menenangkan pikiran. Meditasi adalah salah satu cara untuk menenangkan pikiran-pikiran negatif, dan sangat mudah untuk memulainya. Anda juga dapat memainkan musik yang tenang saat sedang meditasi, yang bisa membantu mengurangi kebisingan di sekitar Anda.
  • Mulai berolahraga! Ya, olahraga adalah salah satu penghilang stres yang ampuh. Luangkan waktu Anda untuk berolahraga, yang terbukti dapat memperbaiki mood karena hormon endorfin yang terlepas saat berolahraga. Tak harus langsung olahraga dengan intensitas tinggi, Anda juga dapat memulainya dengan olahraga ringan seperti yoga. Dan perlu diketahui, yoga berdampak baik untuk kesehatan mental, karena memiliki elemen-elemen meditasi yang menenangkan tubuh dan pikiran.
  • Memiliki pola makan yang baik dan sehat. Kualitas dan kuantitas asupan makanan dapat mempengaruhi kesehatan mental Anda, meskipun dampaknya tidak langsung. Dengan memiliki diet yang baik, tubuh Anda akan lebih bugar, rasa malas bergerak juga akan hilang, dan tentunya akan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Jadi, kalau kamu ingin sehat luar-dalam, kesehatan mental jelas merupakan aspek yang nggak boleh diremehkan.

Similar Posts