superman percaya diri
| |

Ingin Selalu Pede? Ikuti 3 Cara Meningkatkan Percaya Diri Ini!

Rasa percaya diri atau kepercayaan diri pada dasarnya adalah rasa percaya pada kemampuanmu. Kepercayaan diri penting kamu miliki untuk kesehatanmu, terutama dari aspek psikologisnya. Tapi, bagaimana ya kalau kamu sering merasa kurang percaya diri?

Buat kamu yang sering merasa kurang percaya diri, kamu nggak perlu khawatir karena ada beberapa tips percaya diri yang bisa kamu coba, kok. Apa saja tipsnya?

1. Stop Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

jangan bandingkan diri sendiri dengan orang lain

Apapun yang kamu bandingkan dengan apa yang dimiliki orang lain – penampilan, gaji, pekerjaan, prestasi mobil, pokoknya apapun – yang namanya membanding-bandingkan tuh nggak sehat. Dan hal ini sudah terbukti dalam penelitian, lho! Dalam penelitian yang dipublikasikan tahun 2018 di Personality and Individual Differences, peneliti menemukan bahwa orang-orang yang membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain adalah orang yang merasa iri. Makin mereka iri, makin mereka merasa minder.

Kalau kamu mulai membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain, ingatkan dirimu kalau hal ini nggak membantu sama sekali. Ingat kalau tiap orang punya jalannya sendiri-sendiri, dan hidup bukanlah sebuah kompetisi.

2. Rawat Tubuhmu

merawat fisik dan mental
Gimana kamu mau merasa nyaman dengan diri sendiri kalau kamu nggak merawat dirimu? Mulai dari menjaga kesehatan tubuhmu dengan menerapkan pola makan sehat, tidur cukup dan teratur, dan berolahraga. Soalnya, penelitian yang dipublikasikan di Neuropsychiatric Disease and Treatment tahun 2016 menemukan bahwa aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang karena pandangan mereka yang berubah soal tubuh mereka. Jadi sudah saatnya memulai untuk merawat tubuh Anda.

Jika kesulitan untuk mengatur pola makan, Anda dapat mulai melakukan olahraga ringan yang bermanfaat untuk fisik dan mental, seperti yoga.

3. Berbuat Baik pada Diri Sendiri

cintai diri sendiri

Berbuat baik bisa kamu lakukan pada diri sendiri, termasuk ketika kamu merasa kamu melakukan kesalahan, gagal, atau mentok saat melakukan sesuatu. Soalnya, dengan bersikap keras pada dirimu, kondisimu malah bakalan memburuk yang jelas nggak ada faedahnya. Tapi, tentu saja jangan jadikan hal ini untuk membuatmu malah jadi nggak produktif. Memaafkan diri sendiri karena kesalahan atau kegagalan memang nggak salah, tapi jadikan hal tersebut untuk berbuat lebih baik di kemudian hari. Walaupun kamu nggak sempurna, bukan berarti kamu nggak bisa mencapai apa yang kamu inginkan, kok!

Similar Posts